Gunung Nglanggeran

Tour Wisata Yogyakarta Gunung Nglanggeran Bantul

Tour Wisata Yogyakarta Gunung Nglanggeran Bantul

Gunung Nglanggeran adalah gunung yang termasuk gunung berapi purba, gunung ini terletak di daerah Baturagung desa Nglanggeran, kecamatan Patuk  kabupaten Gunung Kidul. Gunung ini terdiri dari batu-batu yang sangat keras dan banyak ditemukan ceruk. Nama Nglanggeran berasal dari kata planggaran artinya setiap perbuatan atau kelakuan jahat pasti ketahuan. Ada pula yang menyebutkan bahwa asalnya adalah dari  kata langgeng yang berarti desa yang aman atau desa yang tentram.

 Warga setempat percaya bahwa gunung ini dijaga Kyai Ongkowijoyo dan punakawan Kyai Semar, Kyai Nolo Gareng, Kyai Petruk dan Kyai Bagong. Tempat-tempat yang bisa di jelajahi di sekitar daerah ini antara lain : Gunung Kelir, Gunung Gedhe, Gunung Blenchong, sumber air Comberan, dan Tlogo Wungu. Di puncak Nglanggeran kita bisa menemukan Comberan yang airnya tak pernah kering. Puncak gunung ini juga menjadi tempat orang memanjatkan doa pada Yang Mahakuasa. Setelah bertualang kita bisa menikmati sega abang (nasi merah) dan sayur lombok ijo di Semanu, Gunung Kidul.

 Saat ini gunung Nglanggeran sudah semakin dikenal oleh para wisatawan baik skala lokal, nasional atau internasional. Pengembangan dan pengenalan gunung ini tak lepas dari dari usaha para pemuda Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Mereka mengembangkan beberapa paket wisata dengan harga yang sangat murah, antara lain :

  1. Paket penelusuran gua
  2. Paket perkemahan
  3. Paket penyewaan pendopo
  4. Paket Penginapan dan kuliner dirumah penduduk
  5. Paket budaya dan kerajinan
  6. Event tahunan yang antara lain terdiri dari :
    -  Acara gelar karnaval budaya dan tumpengan
    - Tayuban
    - Malam spirital 1 suro
    - Malam tahun baru dan pesta kembang api di puncak gunung
    Event liburan sekolah :
    - Perkemahan
    - Outbond anak-anak SD dan TK
  7. Event minat khusus     : Spiritual di mata air suci
  8. Event rutin mingguan : Pendakian kepuncak oleh remaja dan pencinta alam pada malam minggu.

 Kecantikan pemandangan gunung nglanggeran tidak perlu disangsikan lagi,baik subuh, siang, senja dan utamanya pemandangan pada malam hari.  Karena kecantikannya banyak pula kru media yang datang meliput dan membahas mengenai gunung ini, antara lain dari Kompas.

Dalam lomba desa wisata se DIY yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY, desa Nglanggeran merupakan salah satu desa yang masuk dalam nominasi.  Desa yang ikut dalam lomba tersebut antara lain : Desa Bobung dan Desa Mojo yang didelegasikan dari kabupaten Gunungkidul, Desa Pentingsari, desa Pagerharjo, desa Sidoakur, desa Krebet, desa Kelor, desa Sorowulan, desa Sendangsari, desa Kebonagung, desa Brayut dan Kampung Dipowinatan.

 Namun bagi anda yang menginginkan deskripsi lengkap dari A sampai Z tentang gunung ini, berkunjunglah ke situs yang dikelola dengan gigih oleh anak muda bernama Sugeng Handoko, kontennya lengkap dan selalu di update. Data mengenai Gunung Nglanggeran ini sendiri sebagian besar berasal dari sana (setelah minta izin), situsnya adalah : http://kalisongku.wordpress.com

Sumber : http://kalisongku.wordpress.com

Informasi Lengkap Seputar Yogyakarta ada di bawah ini :