Daun Binahong (Manfaat dan Khasiat)

Binahong atau dengan nama latin  (Basella rubra Linn) merupakan tanaman obat yang berasal dari negeri korea  . Keuntungan Tanaman ini adalah  mudah sekali untuk  ditanam dan pertumbuhannya merambat. Selain memiliki khasiat sebagai obat tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman hias, karena bisa dibentuk sesuai dengan keinginan misalnya dibentuk seperti gapura atau gondola. Oleh karenanya tanaman ini juga disebut  gondola. Walaupun pada kenyataannya banyak tanaman binahong yang justru disiasiakan dan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Hal tersebut dikarenakan kurangya pengetahuan masyarakat tentang khasiat dan manfaaat tanaman binahong, sehingga tidak ada keinginan untuk memanfaat tanaman ini secara lebih

Khasiat binahong sebagai tanaman obat sudah banyak yang membuktikan. Diantara sekian banyak khasiat itu yang paling menonjol adalah fungsi binahong sebagai antibiotic untuk menyembuhkan luka bekas operasi. Salah satu manfaat yang dihasilkan oleh daun binahong adalah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berbagai macam penyakit luar dan penyakit dalam. Untuk penyakit dalam ada beberapa yang menjadi khasiat dari daun binahong yaitu :

Batu darah
Kencing Manis
Sesak nafas
Darah rendah
Radang ginjal
Gunjal kronis
Penyakit jantung
Stroke

Sedangkan untuk penyakit luar, daun binahong memiliki beberapa khasiat dan manfaat diantaranya :

Luka bakar
Kecelakaan diakibatkan benda tajam
Penyembuhan sesudah melahirkan

Berkhasiatnya daun binahong dikarenakan kandungan yang terdapat dalam daun binahong. Terdapat zat anti mikroba pada daun binahong yang bersifat sangat reaktif terhadap kuman sehingga dapat menyembuhkan luka bakar atau luka dikarenakan benda tajam. Asam askorbat yang terdapat dalam daun binahong juga berfungsi sebagai penambah zat antibodi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dan mempercepat penyembuhan penyakit. Tidak hanya itu Kandungan flavonoid yang terdapat dalam Binahong, membuat Binahong memiliki sifat antioksidan. Sifat ini menyebabkan binahong  mampu mereduksi radikal bebas, sehingga mencegah munculnya penyakit-penyakit yang membahayakan. Dalam Binahong juga terdapat Alkaloid. Senyawa alkaloid terdapat dalam radikal bebas   yang diteliti memiliki sifat hipoglikemik, yaitu sifat berkhasiat yang mampu menurunkan gula darah pada penderita Diabetes. Selain itu , Senyawa terpenoid yang terdapat dalam Binahong, merupakan senyawa hidrokarbon isometrik, yang dapat membantu tubuh memulihkan stamina saat dalam keadaan sembuh dari sakit. Sedangkan kandungan Saponin dalam Binahong, dikatakan bisa membantu menurunkan kolesterol. Di samping itu, Saponin juga memiliki sifat antioksidan dan antikarsinogenik, yang berfungsi untuk mencegah timbulnya kanker.

Dalam pemanfaatannya, resep yang digunakan sangatlah sederhana. Daun binahong cukup di rebus dalam air secukupnya dan tunggu hingga kurang lebih setengah jam. Tuangkan air hasil perebusan ke dalam Mengkonsumsi daun binahong dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari. Berikut ini resep yang dapat digunakan untuk mengkonsumsi daun binahong :

  1. Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
  2. Paru-paru : 10 lembar daun diminum setiap hari
  3. Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
  4. Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari
  5. Borok (menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
  6. Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari
  7. Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari
  8. Gginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari
  9. Gatal-gatal: 10-15 lb daun diminum setiap hari
  10. Gegar otak : 10 lembar daun diminum setiap hari.
  11. Disentri : 10 lembar daun diminum setiap hari
  12. Ambeien : 16 lembar daun diminum setiap hari
  13. Mimisan : 4 lembar daun diminum setiap hari
  14. Pasca operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
  15. Luka bakar : 10 lembar daun diminum setiap hari
  16. Jerawat : 8 lembar daun diminum setiap hari
  17. Radang usus dan maag : 3 lembar daun diminum setiap hari
  18. Melancarkan haid : 3 lembar daun diminum setiap hari
  19. Habis bersalin/melahirkan : 7 lembar daun diminum setiap hari

Manfaat dari tanaman binahong yang sangat banyak menyebababkan tanaman ini banyak diburu oleh masyrakat. Tanaman binahong tumbuh pada daerah yang tropis.

Dalam mengkonsumsi tanaman binahong hendaknya dilakukan secara rutin setiap hari. Hal tersebut bertujuan agar hasil yang diperoleh terhadap kesehatan dan penyembuhan dapat maksimal. Selamat mencoba dan mari kita biasakan melakukan pengobatan menggunakan tanaman herbal.

Sumber : http://www.konsultankolesterol.com/manfaat-daun-binahong/