Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART Tbk)

Tentang Perusahaan

PT SMART Tbk adalah salah satu yang terbesar yang tercatat di bursa, perusahaan konsumen berbasis kelapa sawit terpadu di Indonesia yang berkomitmen untuk produksi minyak sawit berkelanjutan.

Didirikan pada tahun 1962, perkebunan kelapa SMART saat ini memiliki cakupan area total sekitar 139.000 hektar (termasuk perkebunan plasma). SMART juga mengoperasikan 15 mills, empat pabrik kernel crushing dan empat kilang. SMART mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Kegiatan utama SMART adalah penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (“CPO”) dan palm kernel, dan pemurnian CPO menjadi nilai tambah produk seperti minyak goreng, margarin dan shortening.

Selain memproduksi minyak curah dan industrial, produk hasil rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek dagang seperti Filma dan Kunci Mas. Kini, merek dagang tersebut dikenal dengan kualitasnya yang tinggi serta menguasai pangsa pasar yang signifikan di segmen masing-masing di Indonesia.

SMART adalah anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd (“GAR”), yang merupakan salah satu terbesar perusahaan berbasis kelapa sawit di dunia yang tercatat di Bursa Singapura. SMART juga mengelola seluruh perkebunan kelapa sawit GAR, yang memiliki luas areal tertanam 459.500 hektar (termasuk perkebunan plasma) di Indonesia, pada tanggal 30 September 2012.

Hubungan ini manfaat SMART dengan skala ekonomisnya dalam hal manajemen perkebunan, teknologi informasi, penelitian dan pengembangan, pembelian bahan baku, dan akses terhadap jaringan pemasaran yang luas, baik domestik dan internasional.

Visi dan Misi

Visi

  • Kami bertujuan untuk menjadi yang terbaik
    Untuk menjadi perusahaan terbesar konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan paling menguntungkan

Misi

  • Melebihi standar kualitas tertinggi
  • Mempertahankan tingkat tertinggi keberlanjutan dan integritas
  • Memberdayakan masyarakat dan komunitas
  • Trend pengaturan inovasi dan teknologi
  • Mencapai nilai maksimal bagi pemegang saham

SEJARAH

1962 Didirikan dengan nama PT Maskapai Perkebunan Sumcama Padang Halaban.

1.992 saham terdaftar pada Bursa Efek Jakarta dan Surabaya (sekarang bergabung menjadi Bursa Efek Indonesia).

1997 Produksi CPO mencapai 158.000 ton. Terlibat dalam perusahaan patungan untuk pemupukan melalui udara.

1998 Menyelesaikan instalasi sistem SAP.

1999 Berubah nama menjadi PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk
(Disingkat PT SMART Tbk).

2002 Mulai berkonsentrasi pada bisnis inti dengan divestasi teh dan perkebunan pisang. Menerima sertifikasi ISO 9001 untuk manajemen mutu pabrik.

2003 Produksi CPO mencapai 343.000 ton. Menerima sertifikasi ISO 14001 untuk manajemen lingkungan.

2005 menerima status Superbrands dan Loyalty Award Indonesian Customer untuk FILMA. Selesai konversi pinjaman US $ 205.000.000 pemegang saham menjadi ekuitas. Menjadi anggota aktif dari Roundtable on Sustainable Palm Oil.

2006 Diterima sertifikasi Hazard Analysis dan Pengendalian Titik Kritis untuk standar keamanan pangan di kilang.
SMART Research Institute menerima sertifikasi ISO 17025 untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi.

2008 Pabrik penyulingan terakreditasi dengan sertifikasi ISO 22000 untuk manajemen keamanan pangan. Memperluas kapasitas hilir di Kalimantan Selatan sebesar 300.000 ton per tahun.

2009 Mencapai rekor produksi CPO sebesar 640.000 ton. Diterima Manusia Excellence Award Resources.

2010 Menerima penghargaan Primaniyarta sebagai eksportir kinerja yang luar biasa dari Departemen Perdagangan dan pertanian produk eksportir penghargaan dari Departemen Pertanian. Penghargaan yang diterima sebagai Indonesia Most Admired Knowledge Perusahaan Pemenang 2010 dan sebagai organisasi pembelajaran terpadu. Memulai pengoperasian kilang baru di Jawa Barat dengan kapasitas 800 ton per hari.

2011 Meraih berpenghasilan tinggi sejarah diatribusikan kepada pemilik Perusahaan sebesar Rp 1,79 triliun. Mencapai rekor produksi CPO dari 709.000 ton. Diterima pertama sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil untuk 14.955 hektar perkebunan dan pabrik 1. Untuk kedua kalinya, menerima Penghargaan Primaniyarta sebagai Kinerja Biasa Eksportir ekstra dari Departemen Perdagangan. Diterima “No 1 Choice Brand” untuk FILMA berdasarkan Survey Wanita Indonesia 2011. Menerima Sertifikat Pengakuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk Peran Perusahaan dan Komitmen dalam Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil melalui Corporate Social Responsibility Program.

Sumber: http://www.smart-tbk.com