Manfaat dan Kegunaan Daun Pepaya

Apakah anda tau buah pepaya? Di indonesia sendiri buah pepaya dapat ditemukan dimana mana, selain untuk dimakan juga dibuat untuk obat untuk berbagai penyakit. Tapi apakah anda tau? bukan hanya buahnya yang berfungsi untuk obat, DAUNnya pun bisa dibuat untuk obat. Manfaat Daun Pepaya sendiri untuk tubuh dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari penyakit LUAR sampai penyakit DALAM sekalipun. Biasanya daun dari pohon ini rasanya pahit untuk dimakan. Manfaat Daun Pepaya Dari rasa pahit tersebut ternyata tersembunyi manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita.
Berikut beberapa manfaat yangt terkandung dari daun pepaya tersebut;
1. Manfaat Daun Pepaya untuk Memperlancar pencernaan, dengan memakan daun pepaya yang sudah direbus maka akan membantu memperlancar pencernaan. Hal ini terjadi karena didalam daun pepaya terdapat karpain ( enzim proteolitik ) yaitu sejenis kandungan kimia yang dapat membunuh Manfaat Daun Pepaya mikroorganisme yang mengganggu pencernaan. Makanlah dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Manfaat Daun Pepaya untuk Menambah nafsu makan, untuk mendapatkan manfaatnya maka dengan cara memblender daun pepaya ditambah sedikit garam dan air. Manfaat Daun Pepaya Setelah bercampur rata maka airnya disaring dan diminum. Insya allah jika diminum dengan teratur akan menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak yang sulit makan.
3. Manfaat Daun Pepaya untuk Obat jerawat alami, buatlah daun pepaya sebagai masker caranya dengan mengambil beberapa lembar daun pepaya yang sudah tua kemudian dijemur dan setelah kering tumbuklah sampai halus. Tambahkan sedikit air dan campurkan sehingga dapat dijadikan masker. Pakailah masker daun pepaya tadi ketika hendak tidur dimalam hari, Manfaat Daun Pepaya maka keluhan khususnya para remaja tentang wajah berjerawat bisa dihilangkan dengan mudah. Ulangilah beberapa hari hingga wajah berangsur pulih menjadi wajah berseri.
4. Manfaat Daun Pepaya untuk Obat nyeri Haid, caranya dengan merebus segelas air dengan satu lembar daun pepaya, asam jawa dan garam. Manfaat Daun Pepaya Setelah masak lalu dinginkan dan diminum airnya maka nyeri haid yang dirasakan oleh para wanita tersebut akan segera berkurang.

di atas itu adalah berbagai manfaat dari daun pepaya yang saya tau, semoga dengan adanya artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, Amiiin…

Sumber : http://fungsidaun.blogspot.com/2012/09/manfaat-daun-pepaya.html

Daftar daun-daun lain yang berguna untuk kesehatan dapat dibaca pada link di bawah ini  :

“Daftar Aneka Daun yang Bermanfaat untuk Kesehatan”