Mahatma Gandhi/Mohandas Karamchand Gandhi

 

  1. Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu yang semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis.Dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.
  2. Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi seuntai maaf tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh. (Mahatma Gandhi)
  3. Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia.
  4. Dimana ada cinta, disitu ada kehidupan
  5. Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin (Mahatma Gandhi)
  6. Bukankah sejarah dunia menunjukkan bahwa tidak ada romantika kehidupan jika tidak ada resiko? (Mahatma Gandhi)
  7. Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan (Mahatma Gandhi)
  8. Dibutuhkan iman yang luar biasa, iman dan penyerahan yang murni dari segala yang ada di hadapan kita (Mahatma Gandhi)
  9. Istri bukan merupakan budak suami, merupakan pendamping dan teman penolong suami serta mitra sejajar dalam suka dan duka, bebas memilih jalannya sendiri sebebas sang suami (Mahatma Gandhi)
  10. Jadilah anda manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya anda sendiri yang tersenyum (Mahatma Gandhi)
  11. Karakteristik istimewa peradaban modern adalah tak terbatasnya bermacam – macam keinginan manusia. Karakteristik peradaban kuno adalah larangan keras dan aturan tegas atas keinginan – keinginan itu (Mahatma Gandhi)
  12. Karena saat kita kaya bukan berarti kita bisa mengaku bahwa hati nurani kita benar tanpa menjalani disiplin apapun sehingga banyak ketidakjujuran terjadi di dunia yang membingungkan ini (Mahatma Gandhi)
  13. Kebebasan individu dan kesaling-tergantungan keduanya penting dalam hidup bermasyarakat (Mahatma Gandhi)
  14. Kehidupan lebih besar daripada segala seni. Saya bahkan akan melangkah lebih jauh dan mengumumkan bahwa orang yang hidupnya mendekati sempurna adalah seniman terbesar, karena apalah artinya seni tanpa dasar yang pasti dan kerangka hidup mulia? (Mahatma Gandhi)
  15. Kehidupan membaca dan menulis merupakan salah satu dari banyak cara untuk mengembangkan intelektual, tetapi di masa lampau kita mempunyai raksasa – raksasa intelektual yang tidak dapat membaca (Mahatma Gandhi)
  16. Kekuatan tidak berasal dari kapasitas fisik. Kekuatan berasal dari kemauan yang gigih (Mahatma Gandhi)
  17. Kemurnian hidup adalah seni termurni dan tertinggi (Mahatma Gandhi)
  18. Lupa bagaimana menggali dan merawat tanah adalah lupa akan diri sendiri (Mahatma Gandhi)
  19. Menyebut perempuan sebagai jenis kelami yang lebih lemah adalah fitnah. Itu merupakan ketidakadilan laki – laki terhadap perempuan (Mahatma Gandhi)
  20. Musik kehidupan terancam hilang dalam musik suara (Mahatma Gandhi)
  21. Pengetahuan sejati memberi kedudukan moral dan kekuatan moral (Mahatma Gandhi)
  22. Sasaran pernah menjauh dari kita. Semakin besar kemajuan, semakin besar pengakuan atas ketidaklayakan kita. Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha penuh adalah kemenangan penuh (Mahatma Gandhi)
  23. Satu-satunya penguasa yang saya akui di dunia ini adalah ‘suara hening kecil’ di dalam hati (Mahatma Gandhi)
  24. Saya telah belajar dari pengalaman yang lebih pahit sebagai sebuah pelajaran paling penting; menyimpan amarah; dan ketika panasnya tersimpan, diubah menjadi energi, dengan demikian amarah yang terkendali dapat diubah menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan dunia (Mahatma Gandhi)
  25. Semua beasiswa anda, semua studi anda mengenai Shakespeare dan Wordswordth akan sia – sia jika pada saat bersamaan anda tidak membangun karakter Anda dan mencapai keahlian mencapai pemikiran dan tindakan anda (Mahatma Gandhi)
  26. Semuanya berjalan baik meskipun segala sesuatu tampaknya salah sama sekali jika anda jujur terhadap anda sendiri. Sebaliknya, semuanya tidak baik bagi anda walaupun segala sesuatu kelihatan benar, jika anda tidak jujur terhadap anda sendiri (Mahatma Gandhi)
  27. Seorang laki–laki tidak dapat berbuat benar di salah satu bagian kehidupan sedangkan dia berbuat salah di bagian lainnya. Hidup adalah keseluruhan yang tidak dapat dibagi (Mahatma Gandhi)
  28. Suka cita terletak pada perjuangan, usaha, termasuk dalam penderitaan, bukan pada kemerdekaan itu sendiri (Mahatma Gandhi)
  29. Tuhan sendiri adalah hakim kebesaran sejati karena Ia mengetahui isi hati manusia (Mahatma Gandhi)