Karat Daun

Penyakit karat daun disebabkan oleh alga Cephaleuros virescen. Gejala penyakit berupa pembentukan karat berwarna kemerahan pada pelepah-pelepah tua (bagian bawah).

Gejala tanaman terserang karat daun

Gejala tanaman terserang karat daun

Gambar 1. Gejala tanaman terserang karat daun

Permukaan daun kelapa sawit yang tertutup karat daun yang dilihat secara makroskopis (A) dan karat daun yang tampak tumbuh individual apabila dilihat secara mikroskopis (B)

Gambar 2.  Permukaan daun kelapa sawit yang tertutup karat daun yang dilihat secara makroskopis (A) dan karat daun yang tampak tumbuh individual apabila dilihat secara mikroskopis (B)

Penampang mikroskopik

Gambar 3. Penampang mikroskopik C. virescens. (A) sporangium C. virescens; (B) sporangiofor C. virescens; (C) lubang keluar spora pada sporangium; (D) penampang membujur epidermis daun kelapa sawit sakit  karat daun yang tidak tertembus oleh  C. virescens; (E) penampang melintang epidermis daun kelapa sawit yang bagian atasnya rusak akibat C. virescens

Tindakan pengendalian yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Menunas pelepah secara teratur dan benar
  • Melakukan penyemprotan dengan fungisida tembaga dengan dosis 2,5- 5 gram / 2 liter air dengan interval penyemprotan satu minggu